Profil Pembelanja Indonesia 2017 Versi Snapcart [Bagian 2]



Pada 2017 yang lalu, Snapcart merilis laporan atas survei yang dilakukan kepada sejumlah responden yang merupakan pembelanja ritel. Dari hasil survei tersebut menghasilkan 4 profil pembelanja utama (shopper persona) yang memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu ibu rumah tangga, pelajar/mahasiswa, pekerja kantoran yang baru bekerja (first jobber), dan pekerja kantoran (eksekutif).


Profil Pembelanja Indonesia 2017 First Jobber | Source : Snapcart.global

Berbeda dengan dua profil ibu rumah tangga dan pelajar-mahasiswa yang telah dibahas di artikel blog sebelumnya  maka profil karyawan bertipe first jobber dan karyawan eksekutif telah memiliki aliran penghasilan sendiri. 

Untuk first jobber barang yang dibeli yaitu lebih kepada barang kebutuhan perawatan pribadi, disusul minuman, dan barang kebutuhan rumah tangga, dimana mayoritas membeli di minimarket sebesar 74,70%, disusul di supermarket sebesar 17% lebih, dan hanya sebesar 5% membeli di hypermarket. Responden karyawan first jobber ini termasuk karyawan full time dan part time dalam rentang usia 19 - 23 tahun, dengan responden sejumlah 11.288 orang.


Profil Pembelanja Indonesia 2017 Executive - Employe  | Source : Snapcart.global


Untuk profil pembelanja karyawan (eksekutif termasuk wirausahawan) di rentang usia 25 sampai usia 54 tahun dengan responden sejumlah 18.000 lebih responden, ditemukan bahwa proporsi barang yang dibeli termasuk lokasi pembelian barang hampir serupa dengan profil ibu rumah tangga. Dari hasil ini bisa ditarik asumsi, bahwa rentang usia dan pemikiran yang hampir serupa baik pekerja kantor (termasuk wirausahawan)  dengan ibu rumah tangga di Indonesia.


---

Referensi : 

  1. https://snapcart.global/indonesias-shopper-personas/
  2. http://www.durabita.com/2018/04/Profil-Pembelanja-Indonesia-2017-Snapcart-ibu-rumah-tangga-pelajarmahasiswa.html

No comments:

Powered by Blogger.