PERILAKU PEMBELANJA INTERNET INDONESIA TAHUN 2017



Indonesia beberapa kali membuktikan sebagai negara yang memiliki segudang potensi tidak hanya dari sisi sumber daya alam yang dikenal semenjak dahulu kala, namun di era digital yang serba canggih saat ini memiliki potensi yang sangat besar di lalu lintas perdagangan elektronik. Poin yang menjadi perhatian, yaitu kiprah pelaku ecommerce di Indonesia yang membuat pasar Indonesia semakin kompetitif, salah satunya pernah dipaparkan di Durabita mengenai 10 ecommerce terbesar di Indonesia yang mendukung ekosistem digital Indonesia.

Dilihat dari potensi perdagangan elektronik (ecommerce) yang sangat positif plus menjadi salah satu pasar yang paling pesat di pasar Asia, seperti yang dikutip dari data Statista yaitu mencetak angka pertumbuhan 22%, yaitu sejumlah 5,78 Miliar USD di tahun 2016 yang lalu menjadi sebesar 7,06 Miliar USD di sepanjang tahun 2017.

Menurut data We Are Social pada periode Januari 2018 lalu, warganet Indonesia rata-rata mengakses selama 8 jam 51 menit setiap harinya. Dengan sejumlah data tersebut, bisa menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kemampuan cepat dalam beradaptasi dan terbiasa dengan berbagai perangkat digital (baik perangkat lunak maupun perangkat keras) untuk mengakses beragam informasi di Internet. Selain itu, warganet Indonesia memiliki kepercayaan yang cukup tinggi untuk melakukan transaksi di media digital atau internet, sehingga berdampak ke ekosistem digital Indonesia secara positif.



Perilaku Belanja Online Indonesia 2017 |  Source : Katadata.coi.id

Merujuk dari hasil riset yang dilakukan oleh Katadata, maka perilaku pembelanja online Indonesia di posisi teratas berdasarkan data transaksi yang dilakukan, yaitu berbelanja produk fashion dan kecantikan dengan nominal sebesar Rp. 33,04 Triliun, kemudian disusul membeli produk/layanan terkait perjalanan wisata yang menyumbang sebesar Rp. 32,29 Triliun.

Kemudian dari data kategori belanja online tersebut, di posisi ketiga yaitu wrganet senang membeli produk mainan dan terkait kegiatan hobi di angka Rp. 19,24 Triliun, kemudian disusul pembelian produk furnitur dan perkakas sejumlah Rp. 17,26 triliun, lalu di posisi kelima warganet Indonesia senang membeli perangkat elektronik (dalam hal ini termasuk gadget dsb.) dengan jumlah sebesar Rp. 17,06 Triliun.


---

Referensi : 
1. https://katadata.co.id/infografik/2018/02/07/orang-indonesia-paling-gemar-belanja-fesyen-dan-wisata-secara-online

No comments:

Powered by Blogger.