Profil Pembelanja Indonesia 2017 Versi Snapcart [Bagian 1]



Pada 2017 yang lalu, Snapcart merilis laporan atas survei yang dilakukan kepada sejumlah responden yang merupakan pembelanja ritel. Dari hasil survei tersebut menghasilkan 4 profil pembelanja utama (shopper persona) yang memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu ibu rumah tangga, pelajar/mahasiswa, pekerja kantoran yang baru bekerja (first jobber), dan pekerja kantoran (eksekutif).



Profil Pembelanja Indonesia 2017 Housewife | Source : Snapcart.global
Di ulasan bagian pertama ini  yang menjadi sorotan yaitu profil pembelanja ibu rumah tangga yang menyasar 6.636 responden dari berbagai kota besar Indonesia. Hasil survei tersebut menghasilkan beberapa temuan menarik, yaitu ibu rumah tangga paling banyak membeli di warung atau minimarket (termasuk convinience store), atau warung kelontong skala kecil sebesar 55,10% dari total responden tersebut, dan selanjutnya diikuti oleh supermarket  dengan 30% dan hypermarket sebesar 12% lebih sebagai tempat berbelanja ibu rumah tangga.

Dari hasil survei tersebur, ibu rumah tangga terdapat 3 besar kategori barang yang dibelanjakan, yaitu minuman ringan, kemudian berbagai barang kebutuhan untuk perawaran pribadi, dan selanjutnya barang untuk kebutuhan perawatan rumah tangga.


Profil Pembelanja Indonesia 2017 Student | Source : Snapcart.global

Profil selanjutnya yang diangkat berikutny yaitu profil pembelanja yang digolongkan sebagai pelajar dan mahasiswa yang berusia di rentang 15 sampai dengan 22 tahun, baik pria maupun wanita. Snapcart telah mengumpulkan lebih dari 21.000 responden untuk profil pelajar dan mahasiswa ini, dan telah memberikan beberapa temuan yang bisa dianalisis lanjut, yaitu banyak barang yang dibeli yaitu memang fokus pada kebutuhan pribadi saja, yaitu barang personal care, kemudina minuman ringan, dan disusul oleh kategori makanan ringan atau snack. Untuk lokasi belanja juga memiliki kesamaan dengan profil ibu rumah tangga namun dengan proporsi responden yang berbeda, yaitu pelajar dan mahasiswa membeli di minimarket sebesat 61% lebih, kemudian supermarket sebesar 26% lebih, dan hypermarket yang hanya 7% lebih.



---

Referensi : 

  1. https://snapcart.global/indonesias-shopper-personas/

No comments:

Powered by Blogger.