10 Besar Ecommerce Terbaik di Indonesia



Perkembangan bombastis penggunaan internet di Indonesia yang juga dibarengi dengan pertumbuhan transaksi ecommerce yang menunjukkan tren positif telah menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial, hal ini dirujuk dari penelitian bertajuk “The Opportunity of Indonesia” yang disusun oleh Temasek dan Google, pertumbuhan ecommerce Indonesia meningkat seiring dengan tumbuhnya penggunaan internet di Indonesia. Pada 2015, terdapat 92 juta pengguna internet di Indonesia. Pada 2020 mendatang, pengguna internet Indonesia diprediksi akan meningkat menjadi 215 juta pengguna.
Dari angka total pengguna internet tersebut, pada 2015 terdapat 18 juta orang pembeli dan diperkirakan pada tahun 2025 mendatang, 119 juta orang diprediksi menjadi pembeli online di Indonesia.

Dari data yang dirilis oleh iPrice Insight Indonesia, sebuah situs agregator data ecommerce di Asia, telah mengeluarkan laporan terbaru untuk periode kuartal IV di tahun 2017. Dari data tersebut, gelar juara ecommerce Indonesia terbaik jatuh kepada Shopee yang menempati urutan peringkat nomor satu berdasarkan data dari App Annie, sebuah perusahaan riset pasar dan analytics terkemuka asal San Francisco, Amerika Serikat, yang menjadi salah satu acuan dan standar di industri digital dan teknologi informasi.

Untuk posisi runner-up ditempati oleh sang unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia, diikuti oleh salah satu raksasa ecommerce asal Tiongkok, yaitu JD, kemudian disusul oleh Lazada dan Bukalapak di posisi nomor keempat dan kelima. Dalam daftar ecommerce terbaik tersebut juga hadir beberapa nama ecommerce yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti BliBli, Zalora, Berrybenka, kemudian Ali Express, dan di posisi 10 terdapat ecommerce dari MatahariMall.

Top 10 Ecommerce Indonesia 2017 by App Annie | Source: iPrice Insight Indonesia




Selanjutnya dari laporan iPrice Insight tersebut, juga melaporkan data ecommerce dalam hal jumlah kunjungan situs (webiste visitor) terbanyak yang jatuh kepada Lazada di posisi pertama dengan lebih dari 131 juta kunjungan, disusul Tokopedia dengan 115 juta lebih kunjungan, serta Bukalapak lalu BliBli di urutan keempat dan kelima.

Top 10 Ecommerce Indonesia 2017 by SimiliarWeb | Source: iPrice Insight Indonesia

Dengan melihat data diatas, maka kita bisa membandingkan, bahwa terjadi perbedaan antara pengguna aplikasi ecommerce melalui mobile, dengan pengguna yang mengakses situs ecommerce melalui browser, baik melalui perangkat mobile maupun desktop. Jika ditelusuri lebih lanjut, maka Tokopedia, BukaLapak, Lazada, maupun Shopee hingga BliBli masuk dalam jajaran ecommerce yang sering diakses oleh warganet Indonesia, baik melalui mobile app maupun diakses langsung ke situsnya masing-masing, sehingga dengan insight ini, meski terjadi perbedaan proporsi top 5, namun maish disesaki oleh pelaku ecommerce yang tidak jauh berbeda.

---

Referensi : 
1. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
2. https://klasika.kompas.id/agromaret-e-dagang-khusus-sektor-agrobisnis/

No comments:

Powered by Blogger.